var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 5 Maudi'ul Khaisyum

Post a Comment
Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 5 Maudi'ul Khaisyum - Masih mengenai makhorijul huruf. Sempat beberapa hari kami tidak update mengenai lanjutan dari materi pembagian makhorijul huruf ini. Nah, sekarang kita menginjak pada materi pembagian makhorijul huruf yang bagian ke lima, yaitu Maudi'ul khaisyum. Sebagai lanjutan dari pembagian yang sebelumnya.    Namun sebelum kita menginjak pada materi Maudi'ul khaisyum, kita mengulangi penjelasan dari pengertian makhorijul huruf yah.    Yang dimaksud dengan makhorijul huruf yaitu tempat keluarnya huruf ketika membunyikan/menyuarakannya. Tempat keluarnya huruf (makhroj) itu ada Sembilan Belas yang terbagi pada lima tempat (mawadhi’), yaitu diantaranya:  Maudhi’ul Jaufi (موضع الجوف ) artinya tempat makhroj yang terletak pada rongga mulut. Jauf artinya rongga. Maudhi’ul Halqi  ( موضع الحلق ) artinya tempat makhroj yang terletak pada kerongkongan atau rongga mulut (rengkungan). Halqi artinya Rongga Mulut. Maudhi’ul Lisan ( موضع اللسان ) artinya tempat makhroj yang terletak pada Lidah atau lisan. Maudhi’usysyafataini (   موضع الشّفتين) artinya tempat makhroj yang terletak pada dua bibir (atas dan bawah). Syafatain artinya dua bibir. Maudhi’ul Khaisyum (  موضع الحيشوم) artinya tempat makhroj yang terltak pada pangkal hidung. Khaisyum artinya pangkal Hidung. Itu penjelasan singkat dan ringkas mengenai makhorijul huruf. Pada postingan kami sebelumnya juga telah dijelaskan bagian bagian dan macam-macam makhorijul huruf lengkap beserta contohnya. Bisa baca pada postingan kami berikut ini: Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 1 Maudhi'ul Jauf Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 2 Maudhi'ul Halqi Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 3 Maudhi'ul Lisan Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 4 Maudi'ul Syafatain Nah, sekarang kita bahasa pembaigan yang terakhir, dari pembagian makhorijul huruf tersebut. Yaitu penjelasan mengenai Maudi'ul Khaisyum, beserta contohnya.  Maudi'ul Khaisyum adalah semua bunyi dengung (gunnah), baik berupa nun atau mim yang bertasydid atau ketika dibaca ikhfa, keluar dari makhroj Maudi'ul Khaisyum ini.  Contoh:  مِمَّا – اِنَّا – لَمَّا – ظَنَّ - كُنَّا  Sekian Pembahasan kali ini mengenai Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 5 Maudi'ul Khaisyum. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan pembelajaran yang menambah ilmu dan wawasan anda sekalian. Mohon maaf apabila ada kesalahan.    Jangan lupa untuk ikuti dan Sukai kami di Halaman Facebook di Ilmu Tajwid Lengkap, untuk mengetahui kabar postingan kami selanjutnya. Madrasah

Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 5 Maudi'ul Khaisyum - Masih mengenai makhorijul huruf. Sempat beberapa hari kami tidak update mengenai lanjutan dari materi pembagian makhorijul huruf ini. Nah, sekarang kita menginjak pada materi pembagian makhorijul huruf yang bagian ke lima, yaitu Maudi'ul khaisyum. Sebagai lanjutan dari pembagian yang sebelumnya.

Namun sebelum kita menginjak pada materi Maudi'ul khaisyum, kita mengulangi penjelasan dari pengertian makhorijul huruf yah.

Yang dimaksud dengan makhorijul huruf yaitu tempat keluarnya huruf ketika membunyikan/menyuarakannya. Tempat keluarnya huruf (makhroj) itu ada Sembilan Belas yang terbagi pada lima tempat (mawadhi’), yaitu diantaranya:
  1. Maudhi’ul Jaufi (موضع الجوف ) artinya tempat makhroj yang terletak pada rongga mulut. Jauf artinya rongga.
  2. Maudhi’ul Halqi  ( موضع الحلق ) artinya tempat makhroj yang terletak pada kerongkongan atau rongga mulut (rengkungan). Halqi artinya Rongga Mulut.
  3. Maudhi’ul Lisan ( موضع اللسان ) artinya tempat makhroj yang terletak pada Lidah atau lisan.
  4. Maudhi’usysyafataini (   موضع الشّفتين) artinya tempat makhroj yang terletak pada dua bibir (atas dan bawah). Syafatain artinya dua bibir.
  5. Maudhi’ul Khaisyum (  موضع الحيشوم) artinya tempat makhroj yang terltak pada pangkal hidung. Khaisyum artinya pangkal Hidung.
Itu penjelasan singkat dan ringkas mengenai makhorijul huruf. Pada postingan kami sebelumnya juga telah dijelaskan bagian bagian dan macam-macam makhorijul huruf lengkap beserta contohnya. Bisa baca pada postingan kami berikut ini:
Nah, sekarang kita bahasa pembaigan yang terakhir, dari pembagian makhorijul huruf tersebut. Yaitu penjelasan mengenai Maudi'ul Khaisyum, beserta contohnya.

Maudi'ul Khaisyum adalah semua bunyi dengung (gunnah), baik berupa nun atau mim yang bertasydid atau ketika dibaca ikhfa, keluar dari makhroj Maudi'ul Khaisyum ini.

Contoh:

مِمَّا – اِنَّا – لَمَّا – ظَنَّ - كُنَّا

Sekian Pembahasan kali ini mengenai Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 5 Maudi'ul KhaisyumSemoga artikel ini memberikan manfaat dan pembelajaran yang menambah ilmu dan wawasan anda sekalian. Mohon maaf apabila ada kesalahan.

Jangan lupa untuk ikuti dan Sukai kami di Halaman Facebook di Ilmu Tajwid Lengkap, untuk mengetahui kabar postingan kami selanjutnya. Madrasah

Related Posts

Post a Comment