var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 2 Maudhi'ul Halqi

Post a Comment
Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 2 Maudhi'ul Halqi

Selamat sahabat Ilmu Tajwid Lengkap semuanya. Apa kabanya niyh?  Semoga semuanya dalam keadaan baik dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan janji saya, untuk mempostingan lanjutan dari materi Ilmu Tajwid Lengkap sebelumnya yang berjudul Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 1 Maudhi'ul Jauf

Nah, untuk kali ini saya akan menjelaskan Makhorijul Huruf yang bagian ke - 2 teman-teman. Saya kasih judul postingan ini dengan judul Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 2 Maudhi'ul Halqi. Baik untuk lebih jelasnya bisa kalian simak di bawah ini penjelasan singkat mengenai Maudhi'ul Halqi dan macam-macam mahkroj yang keluar dari Halqi:

Oh iya, Apa siyh Maudhi'ul Halqi itu ? bagi teman-teman yang belum tau bagian-bagian dari makhorijul huruf, bisa baca pasa postingan saya yang berjudul : Pengertian Makhorijul Huruf (Versi Ringkas) (Klik saja)

Maudhi’ul Halqi  ( موضع الحلق ) artinya tempat makhroj yang terletak pada kerongkongan atau rongga mulut (rengkungan). Halqi artinya Rongga Mulut.

Pada Maudhi'ul Halqi ini terdiri atas tiga makhroj, yaitu:

1. Makhroj Aqsol Halqi


Huruf-huruf yang dikeluarkan oleh makhroj aqsol halqi ini ada dua, yaitu Hamzah dan Haa (ھ - ء)

Contoh:

اُكُلُهَا – اَأَنْذَرْتَهُمْ – اَنَّهَا – اَكْثَرُهُ

2. Makhroj Wasthul Halqi


Huruf-huruf yang dikeluarkan oleh makhroj Wasthul Halqi ini ada dua, yaitu 'ain dan ha' (ح - ع)

Contoh:

عَنْهُمْ – اَحْسَنُ – اَعْيُنُ – مُحِيْطٌ

3. Makhroj Adnal Halqi


Huruf-huruf yang dikeluarkan oleh makhroj adnal halqi ini ada dua, yaitu ghoin dan kho' (خ - غ)

Contoh:

اَغْنَى – مُخْرِجٌ – مَغْضُوْبِ – خَسِرِيْنَ

Keenam huruf (ھ – ء - ح – ع - خ - غ) yang dikeluarkan oleh ketiga makhroj itu disebut huruf halqiyah.

Perhatikan gambar makhroj (ھ – ء - ح – ع - خ - غ) di bawah ini :

Related Posts

Post a Comment