var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 1 Maudhi'ul Jauf

Post a Comment
Keluarnya Huruf , Maudhi'ul Jauf, Jauf

Selamat malam sahabat Ilmu Tajwid Lengkap, sudah lama niyh saya tidak update postingan. Postingan saya yang terakhir yaitu mengenai Pengertian Makhorijul Huruf (Versi Ringkas), dimana dalam postingan itu saya menjelaskan secara ringkas perihal pengertian dari Makhorijul Huruf, bagi yang belum baca saya sarankan baca dulu yah, karena pembahasan selanjutnya kita akan membahas pembagian makhorijul huruf.

Sebenarnya makhorijul huruf itu ada 19 makhroj dan dikelompokkan atau dibagi menjadi lima bagian loh... Hmmm Banyak juga yah. Bagi anda yang ingin membaca al-Qur'annya fasih dan tartil, kalian harus belajar mengenal dan mempraktekkan Makhorijul Huruf ini yah.

Baik, langsung saja sesuai judulnya Pembagian Tempat Keluarnya Huruf -  Bagian 1 Maudhi'ul Jauf, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai Bagian Pertama dari makhorijul huruf, yaitu Maudhi'ul Jauf.

Pada maudhi'ul Jauf ini, hanya terdapat satu makhroj yang disebut makhroj jauf. Huruf-huruf yang dikeluarkan dari makhroj jauf ini adalah huruf mad atau hurf layyin, yaitu Alif, Wawu dan Ya, yang ketiga-tiganya mati (Sukun).

Perhatikan gambar di bawah ini !


Contoh huruf alif yang mati ( اْ ) yang jatuh setelah huruf yang berharakat Fathah:

اِنَّا – اِيَّاكَ – قَالَ – طَالَ – كَانَ

Contoh huruf Wawu yang mati ( وْ ) yang jatuh setelah huruf berharakat dhommah:

قُوْمُوْ – مُسِنُوْنَ – وَابْتَغُوْا – قَالَ

Contohhuruf ya mati yang ( يْ ) jatuh setelah huruf berkharakat kasroh:

قِيْلَ – يُرِيْدُ – رَحِيْمٌ - خسِرِيْنَ

Itu saja penjelasannya. Next kita akan menjelaskan Bagian kedua yaitu Maudhi'ul Halqi. Ditunggu yah teman-teman.

Related Posts

Post a Comment