var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Sifat-sifat Huruf Hijaiyah: Pengertian dan Pembagian Sifat-sifat Huruf

Post a Comment
Sifat-sifat Huruf Hijaiyah   Agar kita dapat membaca al-qur'an dengan lebih fasih, baik, dan sempurna, disamping kita harus banyak berlatih membaca atau melafalkan huruf-hurf qur'an. kita perlu pula mengetahui sifat-sifat huruf al-qur'an itu. Dengan mengetahui huruf-huruf tersebut, kita dapat membedakan mana huruf yang lemah dan kuat, mana yang bernada tinggi atau rendah, mana pula yang berdesis, bersuit, dan lain sebagainya.    Pengertian Sifat-sifat Huruf Hijaiyah   Yang dimaksud dengan Sifat-sifat Huruf Hijaiyah yaitu kedaan yang berlaku pada tiap-tiap huruf ketika dilafalkan atau diucapkan tepat pada makhroj (tempat keluarnya) huruf tersebut. Seperti kita melafalkan huruf Qaf pada lafal atau huruf Tha pada lafal atau ketika mengucapkan atau melafalkan huruf dhah pada lafal, kita merasakan pangkal lidah kita terangkat ke langit-langit. Ketiga huruf itu disebut huruf Isti'laf, karena sifat huruf tersebut ketika melafalkannya, dengan mengangkat pangkal lidah ke langit-langit.    Pembagian Sifat-sifat Huruf Hijaiyah   Masing-masing huruf hijaiyah itu ada yang mempunyai sifat sifat yang sama ada pula yang berbeda. Hal ini disebabkan karrena adanya perbedaan dan persamaan makhrojnya.    para ulama ahli qira'at atau ahli tajwid membagi sifat-sifat huruf tersebut menjadi sembilan belas macam, yaitu:   جَهْرٌ  (JAHAR) = Jelas, هَمْسُ  (HAMAS) = Samar شِدَّةٌ  (SIDDAH) = Kuat رَخَاوَةٌ  (RAKHAWAH) = Lunak  تَوَسُّطٌ  (TAWASSUTH) = Pertengahan antara Syiddah dan Rakhawah. اِسْتِعْلاَءٌ  (ISTI’LA’)= Terangkat اِسْتِفَالٌ  (ISTIFAL) = turun اِطْبَاقٌ  (ITHBAQ) = Tertutup اِنْفِتَاحٌ (INFITAH) = Terbuka اِصْمَاتٌ  (ISHMAT)= Diam   اِذْلاَقٌ  (IDZLAQ) = Lancar لَيِّنٌ  (LAYYIN) = Lunak اِنْحِرَافٌ  (INHIRAF) = Condong. تَكْرِيْرٌ  (TAKRIR) = Mengulang-ulang. صَفِيْرٌ  (SHAFIR) = Siul/Seruit. . تَفَشِّيْ  (TAFASY-SYI) = Menyebar. قَلْقَلَةٌ  (QALQALAH) = Goncang. اِسْتِطَالَةٌ  (ISTITHALAH) = Memanjang. غُنَّةٌ  (GHUNNAH) = Berdengung. Itu ke sembilan belas dari macam-macam Sifat-sifat huruf Hijaiyah. Nah, dari kesembilan belas sifat-sifat huruf hijaiyah tersebut, dibagi menjadi dua macam, yaitu:  Sifat-sifat huruf yang Berlawanan Sifat-sifat huruf yang Tidak Berlawanan

Sifat-sifat Huruf Hijaiyah


Agar kita dapat membaca al-qur'an dengan lebih fasih, baik, dan sempurna, disamping kita harus banyak berlatih membaca atau melafalkan huruf-hurf qur'an. kita perlu pula mengetahui sifat-sifat huruf al-qur'an itu. Dengan mengetahui huruf-huruf tersebut, kita dapat membedakan mana huruf yang lemah dan kuat, mana yang bernada tinggi atau rendah, mana pula yang berdesis, bersuit, dan lain sebagainya.

Pengertian Sifat-sifat Huruf Hijaiyah


Yang dimaksud dengan Sifat-sifat Huruf Hijaiyah yaitu kedaan yang berlaku pada tiap-tiap huruf ketika dilafalkan atau diucapkan tepat pada makhroj (tempat keluarnya) huruf tersebut. Seperti kita melafalkan huruf Qaf pada lafal atau huruf Tha pada lafal atau ketika mengucapkan atau melafalkan huruf dhah pada lafal, kita merasakan pangkal lidah kita terangkat ke langit-langit. Ketiga huruf itu disebut huruf Isti'laf, karena sifat huruf tersebut ketika melafalkannya, dengan mengangkat pangkal lidah ke langit-langit.

Pembagian Sifat-sifat Huruf Hijaiyah


Masing-masing huruf hijaiyah itu ada yang mempunyai sifat sifat yang sama ada pula yang berbeda. Hal ini disebabkan karrena adanya perbedaan dan persamaan makhrojnya.

para ulama ahli qira'at atau ahli tajwid membagi sifat-sifat huruf tersebut menjadi sembilan belas macam, yaitu:

  1.  جَهْرٌ  (JAHAR) = Jelas,
  2. هَمْسُ  (HAMAS) = Samar
  3. شِدَّةٌ  (SIDDAH) = Kuat
  4. رَخَاوَةٌ  (RAKHAWAH) = Lunak
  5.  تَوَسُّطٌ  (TAWASSUTH) = Pertengahan antara Syiddah dan Rakhawah.
  6. اِسْتِعْلاَءٌ  (ISTI’LA’)= Terangkat
  7. اِسْتِفَالٌ  (ISTIFAL) = turun
  8. اِطْبَاقٌ  (ITHBAQ) = Tertutup
  9. اِنْفِتَاحٌ (INFITAH) = Terbuka
  10. اِصْمَاتٌ  (ISHMAT)= Diam 
  11.  اِذْلاَقٌ  (IDZLAQ) = Lancar
  12. لَيِّنٌ  (LAYYIN) = Lunak
  13. اِنْحِرَافٌ  (INHIRAF) = Condong.
  14. تَكْرِيْرٌ  (TAKRIR) = Mengulang-ulang.
  15. صَفِيْرٌ  (SHAFIR) = Siul/Seruit.
  16. . تَفَشِّيْ  (TAFASY-SYI) = Menyebar.
  17. قَلْقَلَةٌ  (QALQALAH) = Goncang.
  18. اِسْتِطَالَةٌ  (ISTITHALAH) = Memanjang.
  19. غُنَّةٌ  (GHUNNAH) = Berdengung.
Itu ke sembilan belas dari macam-macam Sifat-sifat huruf Hijaiyah. Nah, dari kesembilan belas sifat-sifat huruf hijaiyah tersebut, dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Sifat-sifat huruf yang Berlawanan
  2. Sifat-sifat huruf yang Tidak Berlawanan

Sifat-sifat yang berlawanan


Adapun Sifat-sifat yang berlawanan itu ada sebelas macam yang terbagi dalam lima kelompok, yaitu:

Kelompok Pertama

 جَهْرٌ  (JAHAR) = Jelas, Lawannya هَمْسُ  (HAMAS) = Samar

Kelompok Kedua

شِدَّةٌ  (SIDDAH) = Kuat Lawannya رَخَاوَةٌ  (RAKHAWAH) = Lunak dan  تَوَسُّطٌ  (TAWASSUTH) = Pertengahan antara Syiddah dan Rakhawah.

Kelompok Ketiga

اِسْتِعْلاَءٌ  (ISTI’LA’)= Terangkat Lawannya اِسْتِفَالٌ  (ISTIFAL) = turun

Kelompok Keempat

اِطْبَاقٌ  (ITHBAQ) = Tertutup dan Lawannya اِنْفِتَاحٌ (INFITAH) = Terbuka

Kelompok Kelima

اِصْمَاتٌ  (ISHMAT)= Diam Lawannya  اِذْلاَقٌ  (IDZLAQ) = Lancar

Sifat-sifat huruf yang Tidak Berlawanan

Sifat-sifat huruf yang Tidak Berlawanan ada delapan macan, diantaranya:

  1. لَيِّنٌ  (LAYYIN) = Lunak
  2. اِنْحِرَافٌ  (INHIRAF) = Condong.
  3. تَكْرِيْرٌ  (TAKRIR) = Mengulang-ulang.
  4. صَفِيْرٌ  (SHAFIR) = Siul/Seruit.
  5. تَفَشِّيْ  (TAFASY-SYI) = Menyebar.
  6. قَلْقَلَةٌ  (QALQALAH) = Goncang.
  7. اِسْتِطَالَةٌ  (ISTITHALAH) = Memanjang.
  8. غُنَّةٌ  (GHUNNAH) = Berdengung.
Itu adalah penjelasan singkat mengenai Sifat-sifat Huruf Hijaiyah: Pengertian dan Pembagian Sifat-sifat Huruf. Untuk selanjutnya kita akan membahasa Sifat-sifat Huruf Hijaiyah: Sifat-sifat huruf yang berlawanan dan Sifat-sifat huruf  yang tidak berlawanan.

Related Posts

Post a Comment