var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiltvz1z_6EQFmb6Zru3NaI1-JNbyAGtk6krGFCTyYY7Uk0jSd1TfMcGsGSkdQmC2vtSCLLvxXaw019jDbC6piv7ZywxS1xR1-H9Z2rUhtFlPLD-42RkK9MSiO0567Z2qzQorg4jeC6x6V-/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiltvz1z_6EQFmb6Zru3NaI1-JNbyAGtk6krGFCTyYY7Uk0jSd1TfMcGsGSkdQmC2vtSCLLvxXaw019jDbC6piv7ZywxS1xR1-H9Z2rUhtFlPLD-42RkK9MSiO0567Z2qzQorg4jeC6x6V-/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiltvz1z_6EQFmb6Zru3NaI1-JNbyAGtk6krGFCTyYY7Uk0jSd1TfMcGsGSkdQmC2vtSCLLvxXaw019jDbC6piv7ZywxS1xR1-H9Z2rUhtFlPLD-42RkK9MSiO0567Z2qzQorg4jeC6x6V-/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Terjemah Tuhfathul Athfal Wal Ghilman Al Jamzuuriy

Post a Comment
Asslamu'alaikum wr. wb.
Selamat pagi semuanya, untuk kali ini saya ingin berbagi mengenai referensi dalam mempelajari ILMU TAJWID.

Sumber referensi untuk acuan dalam belajar ilmu tajwid ini, yang akan saya bagikan adalah Terjemah Tuhfathul Athfal Wal Ghilman Al Jamzuuriy.

Pengarang kitab nadzham ini adalah Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy yang dinisbatkan pada salah satu kampung di Mesir yang disebut Jamzur, dekat daerah Thanthaa.
Beliau lahir pada bulan Rabiul Awal tahun 1160-an.
Beliau mengambil ilmu dari banyak guru.
Beliau belajar ilmu tajwid dan qiroah dengan Syaikh Nuruddin Al Mihiy.
Diantara karangannya adalah Matan Tuhfathul Athfal, Fathul Aqfal Fi Syarhi Tuhfatil Athfal, dan Fathurrahmaaniy fi Qiroatil Qur’an.
Kitab Matan Tuhfatul Athfal adalah sebuah kitab nadzham (syair) yang mengandung kaidah-kaidah dasar ilmu tajwid yang dirangkai dengan bait-bait syair yang indah.


Pendahuluan

ﻳﻘــﻮﻝ ﺭﺍﺟـﻲ ﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻐـﻔـﻮﺭ * ﺩﻭﻣـﺎ ﺳﻠـﻴﻤﺎﻥ ﻫـﻮ ﺍﻟﺠﻤـﺰﻭﺭﻯ

Berkata Sulaiman Al Jamzury, orang yang senantiasa mengharapkan rahmat sang Maha Pengampun..

ﺍﻟﺤﻤــﺪ ﻟﻠــﻪ ﻣﺼـﻠـﻴﺎ ﻋـﻠـﻰ * ﻣـﺤﻤـــﺪ ﻭﺁﻟــﻪ ﻭﻣـﻦ ﺗـﻼ
Segala puji bagi Allah, Shalawat atas Muhammad beserta keluarga dan orang yang mengikutinya..

ﻭﺑﻌـﺪ ﻫـﺬﺍ ﺍﻟﻨـﻈـﻢ ﻟﻠـﻤﺮﻳــﺪ * ﻓــﻲ ﺍﻟﻨـﻮﻥ ﻭﺍﻟﺘـﻨﻮﻳﻦ ﻭﺍﻟﻤﺪﻭﺩ

Bait syair ini adalah untuk orang yang menginginkan (pembahasan) pada masalah nun, tanwin, dan mad-mad..

ﺳــﻤﻴﺘــﻪ ﺑﺘﺤﻔـﺔ ﺍﻷﻃﻔﺎﻝ * ﻋـﻦ ﺷﻴـﺨﻨﺎ ﺍﻟﻤﻴـﻬﻰ ﺫﻱ ﺍﻟﻜﻤﺎﻝ

Aku namakan dengan Tuhfatul Athfal.. dari (riwayat) Syaikh kami, Al Mihiy yang memiliki kesempurnaan (ilmu)..

ﺃﺭﺟــﻮ ﺑـﻪ ﺃﻥ ﻳﻨـﻔﻊ ﺍﻟﻄـﻼﺑـﺎ* ﻭﺍﻷﺟــﺮ ﻭﺍﻟﻘـﺒـﻮﻝ ﻭﺍﻟﺜـﻮﺍﺑـﺎ

Aku berharap (kitab ini) bermanfaat untuk penuntut ilmu.. dan Aku berharap amalan ini diterima, mendapatkan balasan dan pahala..

ﺍﻟﻨﻮﻥ ﺍﻟﺴﺎﻛﻨﺔ ﻭﺍﻟﺘﻨﻮﻳﻦ

Nun Sukun dan Tanwin

ﻟﻠـﻨــﻮﻥ ﺇﻥ ﺗﺴـﻜﻦ ﻭﻟﻠﺘـﻨﻮﻳﻦ * ﺃﺭﺑـﻊ ﺃﺣﻜـﺎﻡ ﻓﺨـﺬ ﺗﺒـﻴـﻴـﻨـﻲ

Nun Sukun dan Tanwin memiliki empat hukum, maka perhatikanlah penjelasanku..

ﻓـﺎﻷﻭﻝ ﺍﻹﻇـﻬﺎﺭ ﻗـﺒـﻞ ﺃﺣـﺮﻑ * ﻟﻠﺤـﻠـﻖ ﺳـﺖ ﺭﺗﺒﺖ ﻓﻠـﺘـﻌﺮﻑ

Pertama, Idzhar (jika ada nun sukun / tanwin) sebelum enam huruf halqy (tenggorokan) yang tersusun maka ketahuilah..

ﻫﻤـﺰ ﻓـﻬـﺎﺀ ﺛـﻢ ﻋـﻴـﻦ ﺣـﺎﺀ * ﻣـﻬﻤﻠـﺘﺎﻥ ﺛــﻢ ﻏﻴـﻦ ﺧــﺎﺀ

Hamzah (ﺃ) , Ha besar (ﻫـ), ‘Ain (ﻉ), Ha kecil (ﺡ), kemudian Gha (ﻍ), dan Kha (ﺥ)..

ﻭﺍﻟـﺜـﺎﻧـﻲ ﺇﺩﻏـﺎﻡ ﺑﺴـﺘﺔ ﺃﺗـﺖ * ﻓـﻲ ﻳـﺮﻣـﻠـﻮﻥ ﻋﻨﺪﻫﻢ ﻗﺪ ﺛﺒﺘﺖ

Kedua, Idgham yang memiliki 6 huruf yang datang kemudian, terhimpun dalam kata:
ﻳﺮﻣﻠﻮﻥ )ﻱ-ﺭ-ﻡ-ﻝ-ﻭ-ﻥ )

ﻟـﻜﻨﻬﺎ ﻗﺴـﻤﺎﻥ ﻗﺴــﻢ ﻳـﺪﻏـﻤﺎ * ﻓـﻴﻪ ﺑـﻐـﻨـﺔ ﺑﻴـﻨـﻤﻮ ﻋﻠـﻤـﺎ

Akan tetapi Idgham ada dua jenis; yang pertama didengungkan (Idgham bighunnah) untuk huruf yang dikenal terangkum dalam kata ﻳﻨﻤﻮ (ﻱ – ﻥ – ﻡ – ﻭ (

ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﻛـﺎﻧـﺎ ﺑـﻜــﻠﻤـﺔ ﻓــﻼ * ﺗـﺪﻏـﻢ ﻛﺪﻧـﻴﺎ ﺛﻢ ﺻـﻨﻮﺍﻥ ﺗـﻼ

Kecuali jika (nun sukun/tanwin bertemu huruf ini) dalam satu kata, maka jangan didengungkan tetapi bacalah seperti “ﺩﻧـﻴﺎ” dan “ﺻـﻨﻮﺍﻥ”

ﻭﺍﻟﺜـﺎﻧـﻲ ﺇﺩﻏــﺎﻡ ﺑﻐﻴــﺮ ﻏـﻨﺔ * ﻓـﻲ ﺍﻟـﻼﻡ
ﻭﺍﻟـﺮﺍ ﺛـﻢ ﻛـﺮﺭﻧـﻪ
Jenis yang kedua adalah idgham bilaa (bighairi) ghunnah yaitu untuk huruf lam (ﻝ) dan ra (ﺭ) yang dibaca Takrir (bergetar)

ﻭﺍﻟﺜـﺎﻟـﺚ ﺍﻹﻗـﻼﺏ ﻋﻨـﺪ ﺍﻟﺒـﺎﺀ * ﻣﻴــﻤﺎ ﺑﻐـﻨــﺔ ﻣـﻊ ﺍﻹﺧـﻔـﺎﺀ

Ketiga, Iqlab yaitu ketika (Nun sukun / tanwin bertemu) huruf Ba (ﺏ) maka dibaca mim yang didengungkan serta disamarkan.

ﻭﺍﻟﺮﺍﺑـﻊ ﺍﻹﺧـﻔﺎﺀ ﻋﻨـﺪ ﺍﻟﻔﺎﺿـﻞ * ﻣـﻦ ﺍﻟﺤـﺮﻭﻑ ﻭﺍﺟـﺐ ﻟﻠﻔﺎﺿـﻞ

Keempat, Ikhfa yaitu untuk sisa huruf hijaiyah yang wajib menurut Ulama Qirooah

ﻓـﻲ ﺧﻤﺴـﺔ ﻣﻦ ﺑﻌﺪ ﻋﺸﺮ ﺭﻣﺰﻫﺎ * ﻓـﻲ ﻛﻠﻢ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻗـﺪ ﺿﻤﻨـﺘـﻬﺎ

Aku telah menyusun rumus 15 huruf ikhfa yang terangkum dalam kalimat bait ini:

ﺻﻒ ﺫﺍ ﺛـﻨﺎ ﻛﻢ ﺟﺎﺩ ﺷﺨﺺ ﻗﺪ ﺳﻤﺎ * ﺩﻡ ﻃﻴـﺒﺎ ﺯﺩ ﻓﻲ ﺗـﻘﻰ ﺿﻊ ﻇﺎﻟـﻤﺎ

ﺻﻒ ﺫﺍ ﺛـﻨﺎ ﻛﻢ ﺟﺎﺩ ﺷﺨﺺ ﻗﺪ ﺳﻤﺎ ﺩﻡ ﻃﻴـﺒﺎ ﺯﺩ ﻓﻲ ﺗـﻘﻰ ﺿﻊ ﻇﺎﻟـﻤﺎ 1] ]

ﺍﻟﻤﻴﻢ ﻭﺍﻟﻨﻮﻥ ﺍﻟﻤﺸﺪﺩﺗﻴﻦ

Mim dan Nun yang bertasydid

ﻭﻏـﻦ ﻣﻴـﻤﺎ ﺛـﻢ ﻧﻮﻧـﺎ ﺷــﺪﺩﺍ * ﻭﺳــﻢ ﻛـﻼ ﺣـﺮﻑ ﻏـﻨﺔ ﺑـﺪﺍ

Dengungkanlah mim dan nun yang bertasydid.. dan namakanlah kedua huruf tersebut dengan huruf ghunnah dan tampakkanlah

ﺍﻟﻤﻴﻢ ﺍﻟﺴﺎﻛﻨﺔ

Mim Sukun

ﻭﺍﻟﻤﻴـﻢ ﺇﻥ ﺗﺴـﻜﻦ ﺗﺠﻰ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻬﺠﺎ * ﻻ ﺃﻟــﻒ ﻟﻴــﻨﺔ ﻟــﺬﻯ ﺍﻟﺤـﺠﺎ

Jika Mim sukun itu terletak sebelum semua huruf hijaiyah selain alif layyinah (alif sukun) bagi orang yang berakal

ﺃﺣـﻜﺎﻣـﻬﺎ ﺛـﻼﺛـﺔ ﻟﻤـﻦ ﺿﺒـﻂ * ﺇﺧـﻔﺎﺀ ﺍﺩﻏـﺎﻡ ﻭﺇﻇـﻬـﺎﺭ ﻓﻘــﻂ

Hukumnya ada tiga saja bagi yang menetapkannya.. yaitu Ikhfa, Idgham, dan Idzhar

ﻓـﺎﻷﻭﻝ ﺍﻹﺧـﻔـﺎﺀ ﻋﻨـﺪ ﺍﻟﺒــﺎﺀ * ﻭﺳـﻤـﻪ ﺍﻟﺸﻔــﻮﻯ ﻟﻠـﻘــﺮﺍﺀ

Pertama, Ikhfa yaitu ketika huruf Ba (didahului mim sukun).. Ahli Qiroah menyebutnya Ikhfa Syafawy

ﻭﺍﻟﺜـﺎﻧـﻰ ﺇﺩﻏـﺎﻡ ﺑﻤـﺜﻠـﻬﺎ ﺃﺗـﻰ * ﻭﺳـﻢ ﺇﺩﻏـﺎﻣﺎ ﺻـﻐـﻴﺮﺍ ﻳﺎ ﻓـﺘﻰ

Kedua, Idgham (dengan huruf yang sama yaitu bertemu mim juga) Namakanlah Idgham Shaghir (kecil) wahai pemuda..

ﻭﺍﻟﺜـﺎﻟـﺚ ﺍﻹﻇـﻬﺎﺭ ﻓـﻰ ﺍﻟﺒﻘﻴـﺔ * ﻣـﻦ ﺃﺣـﺮﻑ ﻭﺳـﻤـﻬﺎ ﺷﻔﻮﻳـﻪ

Ketiga, Idzhar, pada huruf-huruf sisanya.. dan namakanlah Idzhar Syafawi

ﻭﺍﺣـﺬﺭ ﻟﺪﻯ ﻭﺍﻭ ﻭﻓـﺎ ﺃﻥ ﺗﺨﺘـﻔﻰ* ﻟـﻘـﺮﺑــﻬﺎ ﻭﻻﺗﺤﺎﺩ ﻓﺎﻋـﺮﻑ

Berhati-hatilah pada huruf Wa dan Fa karena kesamarannya (dengan ba).. karena kedekatan (fa) dan kesamaan makhraj (wa) maka kenalilah.. ﻻﻡ ﺁﻝ ﻭﻻﻡ ﺍﻟﻔﻌﻞ Lam Al (Alif lam Qomariyah & Syamsiyah) dan Lam fi’il

ﻟﻼﻡ ﺃﻝ ﺣـﺎﻻﻥ ﻗـﺒـﻞ ﺍﻷﺣــﺮﻑ * ﺃﻭﻻﻫــﻤﺎ ﺇﻇـﻬـﺎﺭﻫﺎ ﻓﻠﺘـﻌـﺮﻑ

Hukum lam sebelum huruf-huruf (hijaiyah selain alif) itu ada dua; pertama dibaca idzhar (jelas) lam nya maka kenalilah..

ﻗﺒﻞ ﺍﺭﺑـﻊ ﻣﻊ ﻋﺸﺮﺓ ﺧـﺬ ﻋﻠﻤـﻪ * ﻣﻦ ﺍﺑـﻎ ﺣﺠـﻚ ﻭﺧـﻒ ﻋﻘﻴـﻤـﻪ

keempat belas huruf yang dibaca jelas, maka ambillah ilmunya dari kalimat berikut:
ﺍﺑـﻎ ﺣﺠـﻚ ﻭﺧـﻒ ﻋﻘﻴـﻤـﻪ2] ]

ﺛﺎﻧﻴـﻬـﻤﺎ ﺇﺩﻏـﺎﻣـﻬﺎ ﻓـﻰ ﺃﺭﺑـﻊ * ﻭﻋـﺸـﺮﺓ ﺃﻳـﻀﺎ ﻭﺭﻣـﺰﻫﺎ ﻓـﻊ

Kedua, dibaca idgham yaitu melebur (lam nya tidak dibaca, tetapi langsung dibaca hurufnya) yang juga 14 huruf dengan rumus:

ﻃﺐ ﺛﻢ ﺻﻞ ﺭﺣﻤﺎ ﺗﻔـﺰ ﺿﻒ ﺫﺍ ﻧﻌﻢ * ﺩﻉ ﺳـﻮﺀ ﻇﻦ ﺯﺭ ﺷﺮﻳـﻔﺎ ﻟﻠﻜـﺮﻡ

ﻃﺐ ﺛﻢ ﺻﻞ ﺭﺣﻤﺎ ﺗﻔـﺰ ﺿﻒ ﺫﺍ ﻧﻌﻢ ﺩﻉ ﺳـﻮﺀ ﻇﻦ ﺯﺭ ﺷﺮﻳـﻔﺎ ﻟﻠﻜـﺮﻡ3] ]

ﻭﺍﻟﻼﻡ ﺍﻻﻭﻟـﻰ ﺳـﻤـﻬﺎ ﻗﻤـﺮﻳـﻪ * ﻭﺍﻟـﻼﻡ ﺍﻻﺧـﺮﻯ ﺳﻤـﻬﺎ ﺷﻤﺴـﻴﻪ

Lam pertama disebut alif lam qomariyyah.. Lam kedua disebut Alif lam Syamsiyyah

ﻭﺃﻇـﻬـﺮﻥ ﻻﻡ ﻓـﻌــﻞ ﻣﻄﻠــﻘﺎ * ﻓـﻰ ﻧﺤـﻮ ﻗﻞ ﻧﻌﻢ ﻭﻗﻠـﻨﺎ ﻭﺍﻟﺘﻘـﻰ

Adapun lam fi’il semuanya secara mutlak dibaca jelas contohnya ﻗﻞ dan ﻗﻠـﻨﺎ dan ﺍﻟﺘﻘـﻰ

ﺍﻟﻤﺜﻠﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺘﻘﺎﺭﺑﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺘﺠﺎﻧﺴﻴﻦ

Mitslain, Mutaqaribain, dan Mutajanisain

ﺇﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﻭﺍﻟﻤﺨـﺎﺭﺝ ﺍﺗﻔـﻖ * ﺣـﺮﻓﺎﻥ ﻓﺎﻟﻤﺜـﻼﻥ ﻓـﻴﻬـﻤﺎ ﺃﺣـﻖ

Jika (pada dua huruf) Sifat dan Makhraj hurufnya sama, maka ia disebut Mitslain (Mutamatsilain)

ﻭﺇﻥ ﻳﻜـﻮﻧﺎ ﻣﺨـﺮﺟـﺎ ﺗـﻘـﺎﺭﺑـﺎ * ﻭﻓـﻲ ﺍﻟﺼـﻔﺎﺕ ﺍﺧﺘـﻠـﻔﺎ ﻳﻠﻘــﺒﺎ

JIka makhrajnya (berdekatan) dan Sifat hurufnya berbeda, maka ia disebut Mutaqoribain

ﻣـﺘـﻘﺎﺭﺑـﻴﻦ ﺃﻭ ﻳﻜــﻮﻧﺎ ﺍﺗﻔـﻘﺎ * ﻓـﻲ ﻣـﺨﺮﺝ ﺩﻭﻥ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﺣﻘـﻘﺎ

Jika Makhrajnya sama, sifat huruf nya berbeda, maka ia disebut sebagai Mutajanisain

ﺑﺎﻟﻤﺘﺠﺎﻧﺴــﻴﻦ ﺛــﻢ ﺇﻥ ﺳـﻜـﻦ * ﺃﻭﻝ ﻛـﻞ ﻓﺎﻟﺼـﻐـﻴﺮ ﺳـﻤـﻴـﻦ

Kemudian jika awal semua jenis ini (Mitslain, Mutaqaribain, Mutajanisain) hurufnya sukun, maka disebut dengan Shaghir..

ﺃﻭ ﺣـﺮﻙ ﺍﻟﺤـﺮﻓـﺎﻥ ﻓﻰ ﻛﻞ ﻓﻘـﻞ * ﻛـﻞ ﻛﺒــﻴﺮ ﻭﺍﻓﻬﻤـﻨـﻪ ﺑﺎﻟﻤـﺜﻞ

Dan jika kedua hurufnya berharokat pada semua jenis (Mitslain, Mutaqariain, Mutajanisain) maka disebut dengan Kabir dan fahamilah yang kabir itu dengan mengambil contoh (talaqqy)

ﺃﻗﺴﺎﻡ ﺍﻟﻤﺪ

Pembagian mad

ﻭﺍﻟﻤـﺪ ﺃﺻﻠـﻰ ﻭ ﻓـﺮﻋــﻰ ﻟـﻪ * ﻭﺳــﻢ ﺃﻭﻻ ﻃﺒﻴـﻌـﻴﺎ ﻭﻫـــﻮ

Mad itu ada dua; Mad Ashly dan Mad Far’iy.. Mad Ashly disebut juga Mad Thabi’iy

ﻣـﺎﻻ ﺗﻮﻗـﻒ ﻟـﻪ ﻋـﻠـﻰ ﺳـﺒﺐ * ﻭﻻﺑـﺪﻭﻧﻪ ﺍﻟﺤـﺮﻭﻑ ﺗﺠـﺘـﻠـﺐ

Mad Thabi’iy itu tidak tergantung kepada sebab dan tidak pula ketiadaan huruf yang didapat

ﺑﻞ ﺃﻯ ﺣﺮﻑ ﻏﻴﺮ ﻫﻤﺰ ﺃﻭ ﺳـﻜﻮﻥ * ﺟﺎ ﺑﻌـﺪ ﻣـﺪ ﻓﺎﻟﻄﺒــﻴﻌﻰ ﻳﻜـﻮﻥ

Setiap huruf selain hamzah dan sukun yang datang setelah huruf mad (alif, waw,ya) maka ia adalah mad thabi’iy

ﻭﺍﻵﺧﺮ ﺍﻟﻔﺮﻋـﻰ ﻣﻮﻗـﻮﻑ ﻋﻠـﻲ * ﺳـﺒﺐ ﻛﻬﻤﺰ ﺃﻭ ﺳﻜﻮﻥ ﻣﺴـﺠـﻼ

Kedua Mad Far’iy yang terjadi karena adanya sebab seperti adanya hamzah atau sukun secara mutlak.

ﺣـﺮﻭﻓــﻪ ﺛـــﻼﺛـﺔ ﻓﻌـﻴـﻬﺎ * ﻣﻦ ﻟﻔـﻆ ﻭﺍﻯ ﻭﻫﻰ ﻓﻰ ﻧﻮﺣـﻴـﻬﺎ

Huruf mad ada tiga maka hafalkanlah.. dari lafaz “ﻭﺍﻯ” contohnya
ﻧﻮﺣـﻴـﻬﺎ
ﻭﺍﻟﻜﺴﺮ ﻗﺒـﻞ ﺍﻟﻴﺎ ﻭﻗﺒﻞ ﺍﻟﻮﺍﻭ ﺿـﻢ * ﺷـﺮﻁ ﻭﻓـﺘﺢ ﻗﺒـﻞ ﺃﻟﻒ ﻳﻠﺘــﺰﻡ

Syarat nya harus senantiasa ada kasroh sebelum ya, Dhammah sebelum waw, dan fathah sebelum alif
ﻭﺍﻟﻠـﻴﻦ ﻣﻨـﻬﺎ ﺍﻟﻴﺎ ﻭﻭﺍﻭ ﺳـﻜـﻨﺎ * ﺇﻥ ﺍﻧﻔــﺘﺎﺡ ﻗﺒـﻞ
ﻛـﻞ ﺃﻋـﻠـﻨﺎ Adapun Mad Layyin yaitu jika ada fathah sebelum huruf ya dan waw sukun

ﺃﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﻤﺪ

Hukum Mad

ﻟﻠﻤــﺪ ﺃﺣـﻜـﺎﻡ ﺛـﻼﺛـﺔ ﺗـﺪﻭﻡ * ﻭﻫـﻲ ﺍﻟﻮﺟﻮﺏ ﻭﺍﻟﺠﻮﺍﺯ ﻭﺍﻟﻠـﺰﻭﻡ

Hukum Mad selalu ada tiga, yaitu Mad Wajib, Mad Jaiz, dan Mad Lazim

ﻓـﻮﺍﺟﺐ ﺇﻥ ﺟـﺎﺀ ﻫﻤـﺰ ﺑﻌﺪ ﻣـﺪ * ﻓـﻲ ﻛﻠﻤــﺔ ﻭﺫﺍ ﺑﻤﺘﺼــﻞ ﻳﻌـﺪ

Mad wajib terjadi jika ada hamzah setelah mad dalam satu kalimat yang bersambung (mad wajib muttashil)

ﻭﺟـﺎﺋـﺰ ﻣـﺪ ﻭﻗﺼـﺮ ﺇﻥ ﻓﺼـﻞ * ﻛـﻞ ﺑﻜﻠﻤــﺔ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤـﻨﻔﺼــﻞ

Mad Jaiz itu boleh dipanjangkan (seperti mad wajib muttashil) boleh pula dibaca pendek (seperti mad thabi’iy) yaitu jika (mad dan hamzah) masing-masing dalam kalimat terpisah dan ini disebut mad jaiz munfashil. .

ﻭﻣﺜـﻞ ﺫﺍ ﺇﻥ ﻋـﺮﺽ ﺍﻟﺴـﻜـﻮﻥ * ﻭﻗـﻔﺎ ﻛﺘﻌـﻠـﻤـﻮﻥ ﻧﺴـﺘﻌــﻴﻦ

Contoh ini (mad munfashil yang boleh dibaca panjang atau pendek atau tawassuth/pertengahan) jika ada huruf yang disukunkan karena waqaf seperti ﺗﻌـﻠـﻤـﻮﻥ dan ﻧﺴـﺘﻌــﻴﻦ (Mad ‘Aridh Lissukun)

ﺃﻭ ﻗـﺪﻡ ﺍﻟﻬﻤـﺰ ﻋـﻠـﻲ ﺍﻟﻤـﺪ ﻭﺫﺍ * ﺑـﺪﻝ ﻛـﺂﻣـﻨﻮﺍ ﻭﺇﻳـﻤﺎﻧﺎ ﺧــﺬﺍ

Jika Hamzah ada sebelum mad, maka ini adalah mad badal contohnya ﺁﻣـﻨﻮﺍ dan
ﺇﻳـﻤﺎﻧﺎ
ﻭﻻﺯﻡ ﺇﻥ ﺍﻟﺴـﻜـﻮﻥ ﺃﺻــــﻼ * ﻭﺻﻼ ﻭﻭﻗـﻔﺎ ﺑﻌـﺪ ﻣـﺪ ﻃــﻮﻻ

JIka sukun bersambung setelah mad baik secara washal atau waqaf maka ini adalah mad lazim

ﺃﻗﺴﺎﻡ ﺍﻟﻤﺪ ﺍﻟﻼﺯﻡ

Jenis-jenis Mad Lazim

ﺃﻗﺴــﺎﻡ ﻻﺯﻡ ﻟـﺪﻳﻬﻢ ﺃﺭﺑـﻌـﺔ * ﻭﺗـﻠﻚ ﻛـﻠﻤـﻲ ﻭﺣﺮﻓـﻲ ﻣﻌــﻪ

Mad Lazim menurut ulama qiroah ada empat jenis yaitu mad lazim kilmiy dan mad lazim harfiy

ﻛـﻼﻫـﻤﺎ ﻣـﺨـﻔـﻒ ﻣـﺜـﻘـﻞ * ﻓـﻬـــﺬﻩ ﺃﺭﺑـﻌـﺔ ﺗـﻔﺼــﻞ

Setiap dari keduanya (kilmy dan harfy) itu bisa mukhaffaf dan mutsaqqal maka ini adalah pembagian yang empat[4]

ﻓـﺈﻥ ﺑـﻜﻠﻤـﺔ ﺳـﻜﻮﻥ ﺍﺟـﺘﻤـﻊ * ﻣـﻊ ﺣﺮﻑ ﻣـﺪ ﻓﻬﻮ ﻛﻠﻤـﻲ ﻭﻗـﻊ

jika sukun bersama huruf mad berkumpul dalam satu kata, maka terjadilah mad lazim kilmy


ﺃﻭ ﻓـﻲ ﺛـﻼﺛـﻲ ﺍﻟﺤﺮﻭﻑ ﻭﺟـﺪﺍ * ﻭﺍﻟﻤـﺪ ﻭﺳـﻄﻪ ﻓﺤـﺮﻓــﻲ ﺑـﺪﺍ

apabila dijumpai ada tiga huruf dan ditengahnya itu adalah mad maka itu merupakan mad lazim harfiy

ﻛـﻼﻫـﻤﺎ ﻣﺜـــﻘـﻞ ﺇﻥ ﺃﺩﻏـﻤﺎ * ﻣﺨﻔـﻒ ﻛــﻞ ﺇﺫﺍ ﻟـﻢ ﻳـﺪﻏـﻤﺎ

Keduanya mutsaqqal jika di-idgham- kan dan mukhaffaf jika tidak di- idgham-kan

ﻭﺍﻟـﻼﺯﻡ ﺍﻟﺤـﺮﻓـﻲ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﺴــﻮﺭ * ﻭﺟـﻮﺩﻩ ﻭﻓـﻲ ﺛﻤـﺎﻥ ﺍﻧﺤﺼــﺮ

Mad Lazim harfiy ada di awal surat dan hurufnya terkumpul dalam delapan huruf

ﻭﻋﻴﻦ ﺫﻭ ﻭﺟﻬـﻴﻦ ﻭﺍﻟﻄﻮﻝ ﺃﺧﺺ * ﻳـﺠﻤﻌـﻬﺎ ﺣـﺮﻭﻑ ﻛﻢ ﻋﺴﻞ ﻧﻘﺺ

Huruf ‘ain memiliki dua jalan (mad dan tawassuth) akan tetapi yang masyhur adalah memanjangkannya (mad).. Berkumpul huruf (mad lazim harfy) dalam kalimat ” ﻛﻢ ﻋﺴﻞ ﻧﻘﺺ”..

ﻭﻣﺎ ﺳﻮﻱ ﺍﻟﺤﺮﻑ ﺍﻟﺜﻼﺛﻲ ﻻ ﺃﻟـﻒ * ﻓـﻤـﺪﻩ ﻣـﺪﺍ ﻃﺒﻴـﻌـﻴﺎ ﺃﻟــﻒ

Dan apa yang selain huruf (mad) yang tiga selain alif, maka mad nya disebut mad thabi’iy..

ﻭﺫﺍﻙ ﺃﻳﻀـﺎ ﻓـﻲ ﻓـﻮﺍﺗﺢ ﺍﻟﺴـﻮﺭ * ﻓﻲ ﻟﻔﻆ ﺣﻲ ﻃـﺎﻫﺮ ﻗـﺪ ﺍﻧﺤﺼـﺮ

Begitupula pada ayat pembuka surat- surat Al Quran yang terkumpul dalam kalimat ” ﺣﻲ ﻃـﺎﻫﺮ “

ﻭﻳﺠﻤـﻊ ﺍﻟﻔﻮﺍﺗـﺢ ﺍﻷﺭﺑـﻊ ﻋﺸـﺮ * ﺻﻠﻪ ﺳﺤﻴﺮﺍ ﻣﻦ ﻗﻄﻌﻚ ﺫﺍ ﺍﺷـﺘﻬﺮ

Berkumpul ke-empat belas huruf pembuka surat dalam kalimat ” ﺻﻠﻪ ﺳﺤﻴﺮﺍ ﻣﻦ ﻗﻄﻌﻚ ﺫﺍ ﺍﺷـﺘﻬﺮ “

ﺍﻟﺨﺎﺗﻤﺔ

Penutup

ﻭﺗــﻢ ﺫﺍ ﺍﻟﻨـﻈﻢ ﺑﺤـﻤﺪ ﺍﻟﻠـــﻪ * ﻋـﻠـﻰ ﺗﻤﺎﻣـﻪ ﺑـﻼ ﺗــﻨﺎﻫـﻰ

Telah selelasi nadzham ini dengan memuji nama Allah atas kesempurnaannya yang tak terbatas

ﺃﺑـﻴﺎﺗـﻪ ﻧـﺪ ﺑـﺪﺍ ﻟـﺬﻯ ﺍﻟﻨـﻬﻰ * ﺗﺎﺭﻳﺨﻪ ﺑﺸـﺮﻯ ﻟﻤـﻦ ﻳـﺘﻘـﻨـﻬﺎ

Bait-baitnya tampak serasi bagi yang berakal… Tanggal pembuatan (kitab ini) adalah “menggembirakan bagi orang yang menguasainya”[5]

ﺛـﻢ ﺍﻟﺼـﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴــﻼﻡ ﺃﺑـــﺪﺍ * ﻋـﻠـﻰ ﺧـﺘﺎﻡ ﺍﻷﻧﺒـﻴﺎﺀ ﺃﺣـﻤـﺪﺍ

Kemudian shlawat serta salam semoga selalu tercurah atas penutup para nabi, Muhammad

ﻭﺍﻵﻝ ﻭﺍﻟﺼــﺤﺐ ﻭﻛـﻞ ﺗـﺎﺑـﻊ * ﻭﻛــﻞ ﻗـﺎﺭﺉ ﻭﻛـﻞ ﺳــﺎﻣـﻊ

Atas keluarga, sahabat, dan para pengikutnya dan setiap pembaca dan pendengar Al Quran…

[1] Huruf ikhfa nya ada di awal setiap kata yaitu ﺩ, ﻁ, ﺯ, ﻑ, ﺕ, ﺽ, ﻅ ﺹ, ﺫ, ﺙ, ﻙ, ﺝ, ﺱ, ﻕ, ﺱ

[2] Setiap huruf dari kalimat ini yang berjumlah 14 adalah huruf-huruf yang termasuk alif lam qamariyyah

[3] Huruf pertama dari 14 kata dalam kalimat ini adalah huruf-huruf yang termasuk alif lam syamsiyyah

[4] Mad lazim mutsaqqal kalimiy, Mad lazim mutsaqqal harfiy, Mad lazim mukhaffaf kalimiy, Mad lazim mukhaffaf harfy

[5] Kalimat ini mengandung rahasia terkait waktu pembuatan matan ini.

Silahkan merujuk ke kitab-kitab syarah yang menjelaskan masalah ini.

Untuk tidak menunggu lama, silahkan DOWNLOAD e-booknya DISINI !!!

Related Posts

Post a Comment