var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Pengertian Makhorijul Huruf (Versi Ringkas)

Post a Comment
Pengertian Makhorijul Huruf (Versi Ringkas)

Seperti biasanya niyh, saya update postingan pada malam hari.

Kali ini saya akan membertikan materi baru, seperti yang telah saya janjikan sebelumnya pada postingan yang telah kami publish.

Oke, kali ini saya akan memberikan materi singkat mengenai Makhorijul Huruf

Memang kalau baca al-Qur’an itu tidak boleh asal ucap di mulut saja, ada hukum-hukumnya atau bisa kita sebut dengan Ilmu Tajwid.

Bahkan ketika mengeluarkan atau membunyikan atau menyuarakan huruf ketika membaca al-Qur’an ada letak-letak khusus, tidak dengan huruf-huruf lainnya.

Sungguh indah Bahasa Alloh ya teman-teman.

Baik, kita simak saja penjelasannya di bawah ini ya...

Pengertian Makhorijul Huruf (Versi Ringkas)


Yang dimaksud dengan makhorijul huruf yaitu tempat keluarnya huruf ketika membunyikan/menyuarakannya. Tempat keluarnya huruf (makhroj) itu ada Sembilan Belas yang terbagi pada lima tempat (mawadhi’), yaitu diantaranya:

  1. Maudhi’ul Jaufi (موضع الجوف ) artinya tempat makhroj yang terletak pada rongga mulut. Jauf artinya rongga.
  2. Maudhi’ul Halqi  ( موضع الحلق ) artinya tempat makhroj yang terletak pada kerongkongan atau rongga mulut (rengkungan). Halqi artinya Rongga Mulut.
  3. Maudhi’ul Lisan ( موضع اللسان ) artinya tempat makhroj yang terletak pada Lidah atau lisan.
  4. Maudhi’usysyafataini (   موضع الشّفتين) artinya tempat makhroj yang terletak pada dua bibir (atas dan bawah). Syafatain artinya dua bibir.
  5. Maudhi’ul Khaisyum (  موضع الحيشوم) artinya tempat makhroj yang terltak pada pangkal hidung. Khaisyum artinya pangkal Hidung.


Begitulah kira-kira penjelasan singkatnya.

Untuk materi selanjutnya pembagian Makhorijul Huruf , Materi itu akan sedikit panjang ya teman-teman, karena materi pembagian Makhorijul Huruf agak panjang hehehe

Jangan lupa untuk Share artikel ini ke Medsos yah........ 

Terima Kasih.

Related Posts

Post a Comment