var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Pengertian Ha' Dhamir

1 comment

Selamat malam teman-teman semuanya, Apa kabar? Semoga semua pembaca blog saya dalam keadaan baik-baik saja dan ada dalam lindungan Alloh SWT. Aamiin

Malam ini saya akan memberikan sedikit materi mengenai Ha' Dhamir. Mungkin banyak para pembaca semuanya yang belum memahami atau mengetahui banyak tentang Ha' Dhamir

Nah, untuk itu saya akan membeberkan beberapa materi mengenai Ha' Dhamir ini, agar semua pembaca blog saya ini mengerti perlahan-lahan.

Sebelum kita bahas yang lebih dalam mengenai Ha' Dhamir, ada baiknya kita memahami Pengertian dari Ha' Dhamir itu sendiri.

Baik, kita simak penjelasan singkat mengenai Pengertian Ha' Dhamir di bawah ini:

Menurut bahasa atau lughat-nya, Ha' Dhamir adalah ha' yang menyimpan. Sedangkan Ha' Dhamir menurut istilah yaitu Ha' yang dilakukan sebagai kata ganti benda atau orang ketiga, baik tunggal, jama', maupun berdua. Seperti dhamir Hu / Hi (هِ/هُ) untuk tunggal lelaki (mudzakar), dhamir ha' (هَا) untuk bentuk perempuan, dhamir hum (هُمْ) untuk bentuk jama' lelaki, dhamir hunna (هُنَّ) untuk jama' perempuan, dan sebagainya.

Dalam hal ini yang akan dibicarakan adalah Ha' Dhamir yang berkaitan dengan ilmu tajwid. Yang dimaksud Ha' Dhamir dalam ilmu tajwid yaitu Ha' Dhamir (هِ/هُ) ketika berhubungan dengan lafal sebelum dan sesudahnya. Seperti :
  • Ha' Dhamir yang dihubungkan atau didahului oleh kalimat Fi'il (Kata Kerja), Contoh : جَعَلَهُ
  • atau yang didahului oleh kalimat isim (kata benda), Contoh : كِتَابَهُ, وَرَسُلِهِ
  • atau yang didahului oleh kalimat huruf (kata penghubung), Contoh : مِنْهُ, اَهُ, فِيْهِ, عَنْهُ

Nah, saya kira untuk Pengertian Ha' Dhamir dicukupkan sekian ya teman-teman, untuk materi selanjutnya yaitu Hukum Cara Membaca Ha' Dhamir.

Pantengin terus blog Ilmu Tajwid Lengkap ini ya teman-teman...

Related Posts

1 comment

Post a Comment