Blog tentang Ilmu Tajwid Lengkap, Penjelasan Ilmu Tajwid Lengkap, Contoh-contoh Ilmu Tajwid Lengkap, dan Ilmu-ilmu Islam Lainnya.

Tata Cara Membaca Al-Quran Yang Benar

 Tata Cara Membaca Al-Quran Yang Benar

Tata Cara Membaca Al-Quran Yang Benar - Ulama Qiraat sepakat bahwa Al-Quran dapat dibaca dengan beberapa macam bacaan, dikarnakan Allah SWT berfirman dalam surah Al-muzammil ayat 20:

Artinya: Maka itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Quran

Tata cara membaca Al-Quran menurut para ulama terbagi empat macam, yaitu 1) membaca secara tahqiq, 2) membaca secara tartil, 3) membaca secara tadwir, 4) membaca secara hadr.

Tahqiq ialah membaca Al-Quran dengan memberikan hak-hak setiap huruf secara tegas, jelas, dan teliti seperti memanjangkan mad, menyempurnakan harakat, serta melepas huruf secara tartil, pelan-pelan, memperhatikan panjang pendek , waqaf dan ibtida, tanpa merampas huruf. Untuk memenuhi hal-hal itu, metode tahqiq terkadang tampak memutus-mutus dalam membaca huruf-huruf dan kalimat-kalimat Al-Quran.

Sebagian ulama menganggap bahwa tahqiq dan tartil sama. Meski demikian ada perbedaan antara tahqiq dan tartil yaitu tartil lebih menekankan aspek memahami dan merenungi kandungan ayat-ayat Al- Quran sedangkan tahqiq lebih ke arah aspek bacaan atau praktisi bacaan dengan tujuan membimbing ta`lim/tahsin-ul Quran.

Tadwir ialah membaca Al-Quran dengan memanjangkan mad, hanya saja tidak sampai penuh. Tadwir merupakan cara membaca Al-Quran yang sering dipakai dalam salat.

Adapun hadr ialah membaca Al-Quran dengan cepat, ringan, dan pendek, namun tetap mengedepankan dan memakai peraturan-peraturan tajwid.

Selain empat cara bacaan Al-Quran yang benar ada juga cara bacaan yang disebut hazramah yaitu membaca Al-Quran dengan cepat,ringan, dan pendek, namun tidak memerhatikan peraturan-peraturan tajwid dan cara bacaan tersebut tidak dianjurkan semua Imam Qiraat. 

Semoga artikel kami ini tentang Tata Cara Membaca Al-Quran Yang Benar dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Baca juga :
Labels: Ilmu Tajwid, Tata Cara, Tips

Thanks for reading Tata Cara Membaca Al-Quran Yang Benar. Please share...!

0 Comment for "Tata Cara Membaca Al-Quran Yang Benar"

Back To Top