var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Qalqalah( القلقلة )

Post a Comment


Qalqalah ( القلقلة ) Dari sudut bahasa: Bergerak-gerak dan gementar. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Bunyi lantunan yang kuat dari makhraj hasil dari bacaan huruf yang bertanda Sukun di mana makhrajnya ditekan terlalu kuat kemudian dilepaskan dalam waktu yang singkat sama ada huruf Sukun itu asli atau mendatang.

Cara baca qolqolah:

1. Rendah

Lantunan yang paling rendah( أقل شدة ): Apabila huruf Qalqalah terletak di pertengahan kalimah contohnya: Huruf Qaf di dalam kalimah( وخلقناكم أزواجا ).

2. Lantunan yang sederhana

iaitu pertengahan( متوسط شدة ): Apabila memberhentikan bacaan pada huruf Qalqalah dan huruf tersebut tidak bersabdu (bertasydid) contohnya: Huruf Ta'( ط )di dalam kalimah( والله من وراء محيط )

3. Lantunan yang paling tinggi ( أقصى شدة ):

Apabila memberhentikan bacaan pada huruf Qalqalah dan huruf tersebut bersabdu (bertasydid) contohnya huruf Qaf di dalam kalimah( قال رب أحكم بالحق )

Hukum Bacaan Qalqalah

Qalqalah memiliki lima huruf mati, yaitu: Qaf, Tho’, Ba’, Jim, Dal. Kelima huruf tersebut dapat dikumpulkan dalam sebuah kalimat pendek, yaitu Qatbu Jadin. Huruf Qalqalah terbagi menjadi dua macam, yaitu:

Qalqalah Sughra

Sughra berarti kecil. Qalqalah Sughra ialah jika huruf Qalqalah itu memang asalnya mati / sukun, dan umumnya terjadi di tengah-tengah kalimat. Cara membaca Qalqalah Sughro ialah dengan memantulkan bunyi huruf Qalqalah tidak terlalu keras.

Qalqalah Kubra

Kubra berarti besar. Qalqalah kubra ialah jika huruf Qalqalah itu aslinya tidak mati, tetapi dia mati karena dihentikan atau di-Waqaf-kan, dan berada pada akhir kalimat. Cara membaca Qalqalah Kubra harus lebih keras pantulannya, artinya huruf Qalqalah yang disukunkan itu harus terdengar nyaring.

Related Posts

Post a Comment