var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Matikan AdBlock pada browser untuk melihat konten blog ini.' }, slider: { pakai: true, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Next', prev: 'Previous', latest: 'Latest', oldest: 'Oldest' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

KEPENTINGAN DAN KELEBIHAN MEMPELAJARI ILMU TAJWID

Post a Comment

Ilmu Tajwid adalah ilinu yang sangat mulia. Hal ini karena keterkaitannya secara langsung dengan Alqur'an. Bahkan dalam duni ilmu hadits, seorang ahli tidak akan mengajarkan hadits kepada muridnya sehingga ia sudah menguasai ilmu alqur'an. Diantara keistimewaannya adalah sebagai berikut :

1. Mempelajari dan Mengajarkan Alquran merupakan tolok ukur kualitas seorang muslim. Sabda Rasulullah SAW:


"Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alqur'an dan mengajarkannya."

2. Memepalajari Alqur'an adalah sebaik-baik kesibukan. Alloh SWT berfirman dalam hadits Qudsi:


"Barang siapa yang disibukkan oeh Alqur'an dalam rangka berdzikir kepada-KU dan memohon kepada-KU niscaya AKU akan memberikan sesuatu yang lebih utama daripada apa yang telah AKU berikan kepada orang-orang yang telah meminta. Dan keutaam Kalam ALloh daripada seluruh kalam yang selain-Nya seperti keutamaan Alloh atas Makhluk-NYA."

3. Dengan mempelajari ALqur'an, maka akan turun sakinah (ketentraman, rahmat, malaikan dan Alloh menyebut-nyebut orang yang mempelajari Alqur'an kepada makhluk yang ada disisi-Nya. Rasululloh bersabda:


"Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu masjid dari masjid-masjid Alloh kemudian mereka membaca Alqur'n dan mempelajarinya, melainkan turun kepada mereka ketentraman, diliputi dengan rahmat, dinaungi oleh malaikat dan disebut-sebut oleh Alloh SWT di hadapan makhluk-Nya."

Diantara Kepentingan dan Kelebihan mempelajari ilmu tajwid adalah :

 KEPENTINGAN
KELEBIHAN
  • Mengelakkan kesalahan dalam bacaan ayat al-Quran.

  • Dapat menyebut huruf dengan tepat mengikut sifat dan makhrajnya.

  • Menjamin kesahan dan kebenaran makna sesuatu ayat yang dibaca berdasarkan hukum-hukum bacaan yang terdapat di dalam ilmu tajwid.
  • Mendapat kedudukan yang mulia di sisi Allah sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadis Nabi:
            
Bacalah al-Quran, maka
sesungguhnya dia akan datang
pada hari kiamat sebagai syafaat
kepada pembacanya.”
[HR. Muslim]

  • Bacaan bertajwid jika disertai dengan kefahaman maknamakna ayat dapat menimbulkan rasa nikmat keindahan bahasa ayat-ayat al-Quran yang merupakan salah satu daripada mukjizat agung kepada umat manusia.

  • Memperolehi kebaikan hidup di dunia dan di akhirat.

Related Posts

Post a Comment